Penghasil Produk Kerajinan Makanan Emping

Penghasil Produk Kerajinan Makanan Emping

Penghasil Produk Kerajinan Makanan Emping

Emping merupakan sejenis makanan yang berbentuk seperti Kerupuk dan berbahan dasar Melinjo. Desa Pejagatan Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen mempunyai produk makanan lokal khas berupa Emping. Produksi emping dilakukan oleh ibu ibu perajin yang sebagian besar berdomisili di wilayah pedukuhan Karunan. Terdapat sekitar 20 perajin yang aktif melakukan produksi pembuatan Emping setiap harinya, dan tergabung dalam Kelompok Perajin Emping Jagat Barokah.

Latar belakang di produksinya Emping di dukuh karunan Desa Pejagatan Kecamatan Kutowinangun adalah terpanggilnya rasa kepedulian Ibu-ibu di dukuh Karunan untuk membantu Kebutuhan dasar Ekonomi keluarga. Pemerintah Desa Pejagatan memberikan pendampingan secara intensif untuk para perajin dengan mengikutsertakan para perajin pada kegiatan legalitas usaha kecil dan menengah seperti SIUP, NIB, pada Dinas KUMKM dan aktif mengirimkan beberapa peserta pelatihan Kemasan pada Dinas KUKM ditahun 2021. Sampai dengan saat ini para perajin Emping aktif berproduksi untuk memenuhi pesanan konsumen dan pelanggan ataupun dipasarkan ke daerah daerah sekitar. Pemasaran Emping yang dikelola oleh para perajin meliputi wilayah sekitar desa, kecamatan, bahkan keluar kabupaten dan propinsi. 

Adannya pencanangan Desa Wisata Eduwisata Gerabah di Pejagatan, Emping dijadikan sebagai salah satu makanan khas lokal desa bersama dengan makanan khas lainnya berupa sapitan, cetil, lupis, bubur candil. dan dawet. Harapannya produksi emping dapat meningkat dan pertumbuhan ekonomi di Desa Pejagatan semakin baik dan pesat. Apabila menginginkan Emping khas Pejagatan silahkan datang langsung ke Desa Pejagatan Kabupaten Kebumen atau bisa menghubungu Ibu Waginem selaku Ketua Kelompok Perajin Emping di Desa Pejagatan Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Potensi Desa Terkait

Arsip Potensi Desa

Statistik Pengunjung