Pekan Pelunasan Pajak Satu Hari Lunas sebagai metode "Mindset Treatment" Sadar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa

Pekan Pelunasan Pajak Satu Hari Lunas sebagai metode "Mindset Treatment" Sadar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa

Pemerintah Desa Pejagatan Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Pekan Pelunasan Pajak Satu Hari Lunas Tahun 2023 pada hari Senin, 27 Februari 2023. Bertempat di panggung hiburan Balaidesa Pejagatan, acara ini berlangsung sangat meriah dan lancar. Konsep Event rutin tahunan desa ini dibuat unik dan berbeda dari tahun tahun sebelumnya; yaitu dengan melibatkan para pelaku UMKM Desa untuk menyajikan aneka menu kuliner khas desa  seperti; Serabi, Nasi Bucu, Nasi Uduk, Lupis Cenil, Bubur Candil, Mendoan dan Tahu Isi, Dawet, Es Mung Mung dan Siomay serta memfasilitasi wajib pajak melakukan Cak Gula Darah atau Pemeriksaan Kesehatan gratis.

Mekanisme pembayaran pajak satu hari lunas yang diselenggarakan tahun ini dilaksanakan melalui 2 cara diantaranya; sistem bayar sebelum hari H dan sistem bayar ditempat. Para Penarik Pajak yang merupakan Perangkat Desa Pejagatan di bentuk lebih awal per 1 Januari 2023, ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Desa Pejagatan Nomor 1 Tahun 2023. Setelah Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) turun per 15 Januari 2023 para penarik pajak bergerilya melaksanakan sistem bayar sebelum Hari H atau sistem bayar awal dengan mendatangi rumah warga wajib pajak dari rumah ke rumah dengan membawa SPPT PBB tahun 2023, baik untuk wajib pajak di wilayah Desa Sendiri maupun Wajib Pajak diluar Desa Pejagatan. Sementara sistem bayar ditempat dilakukan untuk para wajib pajak yang belum melakukan pembayaran pelunasan pajak antara tanggal 15 Januari 2023 sampai dengan 26 Februari 2023.

Antusiasme wajib pajak sangat tinggi dengan sistem bayar pajak ditempat karena selain membayar kewajiban atas pajak bumi dan bangunan, wajib pajak dapat menikmati 2 macam menu kuliner khas desa yang disajikan, wajib pajak juga menantikan undian kupon berhadiah dengan hadiah utama berupa seekor kambing. Sementara untuk para Wajib Pajak yang sudah melakukan pembayaran di awal tetap dapat hadir secara langsung untuk mendapatkan voucher kuliner khas desa dengan cara menunjukan surat undangan, dan kertas potongan kupon undian kepada petugas registrasi, serta para Wajib Pajak bebas memilih dua menu kuliner khas desa sesuai dengan selera masing - masing.

Tujuan dilaksanakannya Pekan Pelunasan Pajak Satu Hari lunas di Desa Pejagatan Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen diantaranya adalah untuk mewujudkan warga masyarakat desa Pejagatan yang sadar pajak, merubah mindset (pola pikir) warga dalam membangun Desa dan Negara melalui Bayar Pajak Bumi dan Bangunan tepat waktu, serta memotivasi warga yang sebagaian besar merupakan wajib pajak untuk tidak enggan dan bermalas malasan melakukan kewajiban bayar pajak. Bapak Camat Kutowinangun Drs. Anton Purwanto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Desa Pejagatan atas terlaksananya Kegiatan ini. Beliau mengharapkan dengan adanya kegiatan Pekan Pelunasan Pajak Satu Hari Lunas ini warga masyarakat semakin sadar dan tergerak hatinya untuk membayar pajak tepat waktu dan secara tidak langsung berkontribusi terhadap Desa dan Negara Indonesia dalam pembangunan. Pada Kesempatan ini Bapak Camat Kutowinangun juga menyerahkan doorprize kepada para wajib pajak lunas tercepat dari masing masing wilayah Pedukuhan. Salah satu wajib pajak ibu waginem mengungkapkan "saya senang sekali mengikuti acara ini dari pagi pukul 9.00 sampai dengan jam 16.30 wib, pokoke lenggah depan sendiri, karena ada orgennya, banyak makanannya dan banyak sekali hadiahnya, dari centong, ember, wajan, hanger, semua kebutuhan rumah tangga sampai dengan setrika, kompor gas, magic com, sampai dengan kambing bu", semoga tahun depan lebih banyak lagi hadiahnya ya bu, dan saya dapat hadiah utama".

Berdasarkan progres yang dilaporkan oleh Penanggung Jawab Kegiatan saudara Trisno Aji Nugroho bahwa pencapaian target pelunasan tahun ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini Pemerintah Desa Pejagatan sampai dengan dilaksanakannya kegiatan Pekan Pelunasan Pajak Satu Hari Lunas memperoleh presentase 84% dari total Baku Pajak Pelunasan sebesar Rp. 58.000.000,-. Pemerintah Desa Pejagatan mengharapkan para wajib pajak yang belum melakukan pembayaran untuk dapat segera datang ke Balai Desa Pejagatan melakukan pelunasan pajak bumi dan bangunan dalam pekan ini, terhitung mulai tanggal 27 Februari 2023 sampai dengan pekan pelunasan berahir ditanggal 6 Maret 2023. Ayo Sadar Pajak, Ayo Bayar PBB tepat waktu demi Pembangunan Desa dan Negara menuju Indonesia yang Sejahtera.(nv)

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen
Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2